5 Kesalahan Mengelola Uang Ini Sebaiknya Ditinggalkan Kalau Ingin Kaya Di Usia Muda!

Anda juga akan ingin memastikan manfaat dari dana darurat tersebut bagi hidup Anda. Karena tak dapat dipungkiri, ketersediaan dana lebih bisa membuat Anda mendapatkan sejumlah fasilitas dan sarana yang mendatangkan kenyamanan yang belum tentu dapat dinikmati oleh semua orang. Idealnya, Anda sudah harus memiliki dana darurat di usia 40 tahun. Miliki tabungan yang utuh untuk dipergunakan sebagai dana darurat.

Meski bebas secara finansial tidak harus menjadi kaya, bukankah akan lebih menyenangkan kalau kamu kaya dan bebas secara finansial? Dengan memiliki pola pikir yang benar, kamu sudah satu langkah menuju kebebasan finansial. Begitupun dengan gaya hidup hemat, yang harus Anda terapkan demi mempercepat mewujudkan impian membeli rumah. Anda pun harus memberikan pengawasan yang ketat pada tabungan untuk membeli rumah, agar bisa memenuhi goal yang diinginkan atau bahkan melampauinya. [newline]Dengan memiliki dua rekening, Anda bisa memisahkannya berdasarkan tabungan untuk keperluan sehari-hari dan satu lagi untuk tabungan rumah serta biaya darurat. Karena untuk bisa membeli rumah bukanlah sebuah hal mustahil jika memiliki ideas dan cara yang efektif.

MEndapatkan Gaji di usia yang muda

Usia 20-an tahun merupakan momen tepat untuk memulai investasi. Seperti yang dibahas di poin pertama, investasi merupakan cara untuk meningkatkan nilai harta kita. Bila nilai tabungan akan tergerus inflasi, lain halnya dengan investasi.

Menyiapkan uang muka sebesar Rp 2juta – Rp 7 juta untuk pembayaran awal dan dapat dicicil selama 4-6 bulan. Bantuan tersebut sering berupa uang muka yang sangat ringan hanya 5% dari total harga dan uang muka ini dapat dicicil hingga beberapa bulan. Bahkan di tahun 2017 ini pemerintah kembali memberikan keringanan uang muka hanya 1% saja dari whole harga.

Sedangkan, jika tujuan masih cukup jauh, agar lebih cepat sampai maka kendaraan yang digunakan sebaiknya lebih cepat meski berisiko lebih tinggi. Tujuan dalam menabung ini bisa Anda relasikan dengan tujuan keuangan. Apakah membeli rumah, membeli mobil, atau modal usaha; tentukan tujuan yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tujuan seperti ini tidak akan banyak membantu, bahkan membuat menabung terasa semakin membebani. Kamu mungkin tahu caranya mencari uang, dengan berbagai pekerjaan dan kerja sampingan yang dimiliki, namun belum tentu paham cara mengatur keuangan terbaik. Tak heran setelah sekian tahun bekerja, banyak orang yang tak punya dana yang cukup di rekeningnya.

Siapa tahu usaha Anda sukses dan tidak perlu menjadi seorang karyawan lagi. Jawaban untuk bisa meraih kesuksesan di usia muda dan dari nol, mulailah untuk keluar dari zona nyaman Anda. Percuma Anda memiliki skill yang mampu melaksanakan tugas dengan baik, namun tidak berani mengambil tantangan atau kesempatan yang ada.