6 Cara Mencapai Kebebasan Finansial Di Umur 20

Hal ini mungkin saja terjadi, karena menabung pun harus cerdas. Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan 5 cara menabung untuk usia 20-an yang harus mulai kamu praktikkan meskipun gaji masih minim. Investasikan kesehatan yang baik dengan kunjungan rutin ke dokter umum, dan ikuti saran kesehatan tentang masalah yang kamu temui. Banyak masalah dapat dibantu — atau bahkan dicegah — dengan perubahan gaya hidup seperti lebih banyak olahraga dan food plan yang lebih sehat. Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik terhadap mereka yang memangsa investor yang tidak canggih untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Deposito digunakan untuk berjaga-jaga, sedangkan reksa dana digunakan untuk mendapatkan pengembangan. Sementara, sisanya yang persen, bisa mulai digunakan untuk investasi ke dalam usaha dengan cara berpatungan dengan teman atau saudara yang bisa mengelola usaha. Daftarkan diri kamu ke dalam rencana pensiun kamu dan manfaatkan sepenuhnya dari setiap kontribusi yang sesuai. Juga bijaksana untuk memiliki penarikan otomatis untuk dana darurat, yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga, dan kontribusi otomatis ke akun investasi atau yang serupa. Perlu kita akui bahwa rumah merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan bagi setiap pemiliknya. Tentu saja, karena seperti yang kita tahu bahwa dalam setiap tahunnya harga tanah semakin hari semakin naik.

MEndapatkan Gaji di usia yang muda

Mulai sekarang hentikan pemakaian kartu kredit untuk memudahkan kamu menabung lebih banyak. Sebaiknya kamu memprioritaskan menabung, dengan kata lain tidak ada alasan untuk tidak menabung. Setiap bulan uang harus sudah dibagi-bagi dan tabungan menjadi salah satu prioritas utama.

Orang yang menghasilkan 50 juta dapat menginvestasikan 35juta per tahun sementara orang yang menghasilkan 25juta menginvestasikan 10juta. Penting bagi Anda untuk menemukan cara mengelola uang dengan cara yang sesuai untuk Anda. Kebanyakan orang berusia 20-an membuang-buang uang untuk berpesta dan nongkrong. Kemungkinan besar Anda mendapatkan pekerjaan pertama Anda, memberi Anda lebih banyak uang daripada yang pernah Anda tahu apa yang harus dilakukan. Sayangnya, kelebihan uang ini terbuang percuma dan tidak digunakan sebagai alat membangun kekayaan. Melakukan investasi di properti membutuhkan modal yang sangat besar karena membutuhkan perawatan serta biaya pajak yang tinggi.

Usia 20-an adalah masa-masa produktif untuk meniti karir dan mencari uang. Daripada galau memikirkan pernikahan sebaiknya fokuskan dirimu untuk meniti karir dan menabung biaya pernikahan. Ketika kamu sudah mapan secara karir & finansial, pernikahan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Sekarang kita akan menghitung dana yang kalian perlukan untuk bisa memiliki hunian melalui skema cicilan KPR/KPA. Misal kita ingin membeli apartemen dengan harga Rp 350 juta di daerah Bekasi atau Karawang. Umumnya, DP rumah/apartemen untuk KPR/KPA adalah 30% dari complete harga rumah. Cara bebas finansial di usia muda pertama anda harus mempunyai dana darurat yang jumlahnya memadai.